Belajar Fotografi dan Stop Motion Menggunakan Smartphone

Gorontalo, Jumat (23/08/2019) – Sedikit berbeda dari hari jumat biasanya, anak-anak dan orang tua mereka di PAUD Srikandi justru tampak asyik mengikuti materi fotografi menggunakan smartphone untuk mengisi kegiatan mereka pada hari itu.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo Drs. H. Bambang Kunaidi, M.Si yang secara langsung membuka dan mengenalkan kegiatan ini kepada anak-anak pada tanggal 23 Agustus, berharap bahwa dengan makin banyaknya pengguna gawai, anak-anak jangan dilarang dalam bermain smartphone atau gawai. Anak-anak sangat perlu diperkenalkan dalam menggunakan teknologi, antara lain dengan kegiatan yang namanya stop motion.

Stop motion sendiri merupakan sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya.

Mereka tampak tekun menyimak materi yang disampaikan oleh Abul Hasan Banimal, pengelola website dan media sosial dari BP PAUD dan Dikmas Gorontalo. Setelah mendapat materi tentang smartphone, fotografi, stop motion, dan lain-lain, anak-anak pun lantas diajak praktik langsung.

30 anak-anak itu nampak antusias ketika diajak untuk berbaris keluar kelas dan mulai praktek dasar fotografi, mereka mengunjungi salah satu sudut taman di halaman BP PAUD Dikmas Gorontalo untuk praktik fotografi. Anak-anak dibebaskan membuat foto portait dan landscape dengan objek foto yang sudah dibatasi hanya sebatang pohon dengan menggunakan smartphone milik orang tua mereka.

Ketika anak belajar fotografi, selain ada kemampuan yang berhasil diasah pastinya mereka juga bisa bersenang-senang saat mengambil foto dan akan jadi hal yang seru ketika mereka membagikan hasil jepretannya ke teman dan keluarga.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *