Bimtek Daring Bagi Guru, Mitra dan Penilik/Pengawas PAUD Dalam BdR di Provinsi Gorontalo

Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) Gorontalo menggelar Bimbingan teknis dalam jaringan (Bimtek Daring) bagi guru PAUD, mitra dan penilik PAUD dalam pelaksanaan Kebijakan belajar dari rumah (BdR).
Bimtek ini dibuka pukul 09.00 Wita secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo Drs. Bambang Kunaedi, M.Si. Bimtek yang diikuti oleh 150 orang yang berasal dari Kab/Kota Se-Provinsi Gorontalo dengan sebaran 29 Orang dari Penilik, 24 orang dari Pengawas, 8 orang Pamong Belajar, 46 orang dari IGTKI, 39 orang dari HIMPAUDI dan 4 orang dari IGRA ini berlangsung mulai tanggal 22 Juni 2020 hingga 27 Juni 2020.
Dalam sambuntannya Bambang menyampaikan bahwa “Dalam rangka penyiapan dan pelaksanaan Belajar dari Rumah yang nantinya akan dilaksanakan oleh Satuan PAUD yang ada di Kab/Kota maka dilaksanakan Bimtek Daring ini. Adapun Kegiatan Bimtek BdR ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9). Bambang menegaskan “Dalam Suasana Covid-19 ini mewajibkan pembelajaran dilakukan dari rumah baik oleh guru maupun peserta didik”
Jelasnya “Peserta Bimtek ini membutuhkan materi dan metode belajar dari rumah. Karena beberapa stakeholder terkait, masih memiliki keterbatasan dalam melaksanakan pembelajaran daring dimana masih banyak guru yang belum memahami dan menguasai bagaimana teknik yang baik untuk belajar secara daring”.
Demikian juga dengan bimtek daring kali ini Bambang menambahkan “Pelaksanaan Bimtek daring ini merupakan kegiatan yang baru bagi BP PAUD dan Dikmas Gorontalo,dimana biasanya bimtek dilakukan secara luring namun karena adanya Covid-19 maka beralih ke daring namun tidak mengurangi esensi dan manfaatnya”. Jelas Bambang.
Para guru harus memahami hakikat BdR ini bahwa anak tidak dipaksakan belajar dirumah dengan gaya dan cara sekolah. BdR bukanlah memindahkan pelajaran di sekolah ke rumah. “Guru perlu pahami itu. Orang tua juga dilibatkan. Orangtua sebagai pendidik harus kreatif menggunakan media yang ada di rumah. Praktiknya diperbanyak bukan teorinya. Membangun karakternya di rumah. Itulah esensi BDR,” kata Bambang.

Pada akhir sambutanya Bambang berharap kepada para peserta untuk melakukan pengimbasan bagi guru-guru yang tidak sempat mengikuti bimtek daring ini dan para peserta mengikuti Bimtek ini secera sungguh-sungguh hingga akhir pembelajaran.

Selain itu dalam bimtek daring ini diisi oleh narasumber yang ditunjuk oleh Direktorat PAUD Kemdikbud yang berasal dari narasumber pusat dan narasumber UPT. Pada pelaksanaannya peserta bimtek ini juga selain pembelajaran menggunakan zoom meeting juga menggunakan Whatsapp Grup untuk pendalaman materi dan akan mendapat tugas mandiri yang kesemuanya dilakukan secara daring.

By_Rahmawaty Hasan

Bagikan

2 thoughts on “Bimtek Daring Bagi Guru, Mitra dan Penilik/Pengawas PAUD Dalam BdR di Provinsi Gorontalo”

  1. Alhamdulillah motivasi saya ingin membahagiakan Anak

    1. Ketika kita menjadi pembimbing anak kita harus sabar karna kita temui d kelas kita banyak anak yg berbeda sikap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *