BP PAUD dan Dikmas Gorontalo Evaluasi Penerima Bantuan PKK Tahun 2019

Gorontalo, 5 November 2019. Program Pendidikan kecakapan Kerja (PKK) merupakan program layanan pendidikan kursus dan pelatihan yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan kompeten pada bidang keterampilan sesuai dengan kebutuhan DUDI (dunia usaha dan dunia industri) sehingga dapat memanfaatkan secara optimal peluang-peluang kerja yang terbuka pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam rangka memasuki revolusi industri 4.0.

Dalam upaya menyiapkan peserta didik kursus dan pelatihan menjadi tenaga kerja baru yang terampil/kompeten , memiliki etos kerja dan daya saing tinggi, pada tahun 2019 Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyiapkan bantuan untuk penyelenggaraan Program PKK.

Untuk menjamin kegiatan Bantuan Program PKK berjalan sesuai Petunjuk Teknis pada Perdirjen PAUD DIKMAS nomor 20 Tahun 2019, maka BP PAUD dan Dikmas Gorontalo melaksanakan monitoring dan evaluasi pada lembaga-lembaga penerima Bantuan Program PKK di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan Monev ini dilaksanakan selama 6 (enam) hari pada tanggal 3-5 November 2019 dan 8-10 November 2019. Sasaran kegiatan ini adalah 15 lembaga PKBM dan 14 lembaga LKP penerima bantuan PKK di Provinsi Gorontalo yang tersebar di 1 Kota dan 3 Kabupaten yaitu Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Sementara itu hasil monitoring ke LKP dan PKBM ini menunjukkan keseriusan dari para penyelenggara Program PKK. Seperti di LKP Mall Computer, Jalan HB. Jasin Kota Selatan Kota Gorontalo, yang menyelenggarakan Kursus Komputer Aplikasi Perkantoran, 25 peserta didik sudah selesai mengikuti Uji Kompetensi. “Setelah mengikuti ujian kompetensi mereka harus melaksanakan tahapan magang di berbagai instansi salah satunya adalah BP PAUD dan Dikmas Gorontalo” ujar Iko Pahrun selaku pengajar di LKP Mall Computer.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *