Diklat Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan Kabupaten Gorontalo

Gorontalo, 28 Oktober 2019, Dewan Pimpinan Cabang Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi tutor kesetaraan melalui Diklat Tutor Pendidikan Kesetaraan Tahun 2019 di gedung Guru Rahmijati Jahja, Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan Diklat yang menghadirkan sejumlah narasumber dari Akademisi dan Praktisi yang berasal dari BP Paud dan Dikmas Gorontalo dan Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo Drs. H. Bambang Kunaedi, M.Si dalam memberikan arahan : Pelayanan pendidikan kepada seluruh warga masyarakat terutama anak putus sekolah melalui program pendidikan kesetaraan. Pada waktu yang lalu pendidikan nonformal seringkali dipandang sebelah mata, dengan adanya UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan PP No 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal pendidikan kesetaraan mempunyai peran yang sangat penting maka peran tutor menjadi sangat strategis. Peran pendidikan kesetaraan semakin diminati oleh masyarakat. Apalagi dgn adanya DAK fisik dan nonfisik maka pendidikan kesetaraan ini mulai bangkit.” ujarnya. Lebih lanjut dia tambahkan adanya program pendidikan paket C Vokasi dg keterampilan kecakapan hidup tertentu yg harus dimiliki warga belajar sbg bekal dalam berwirausaha. Selain itu diera milenial para tutor mau tidak mau, suka tidak suka harus menguasi IT dan tentunya juga Pendidikan Karakter. Pembelajaran akan berbasis daring dan on line. Terkait dengan peningkatan mutu telah di laksanakan pemetaan mutu dan bimtek serta supervisi oleh BP Paud dan Dikmas Gorontalo. Tutor bisa menngunakan model2 bahan ajar yg sdh dihasilkan oleh BP Paud dan Dikmas Gorontalo.

Kegiatan ini diikuti oleh para tutor pendidikan kesetaraan SKB dan PKBM wilayah binaan Kab. Gorontalo sejumlah 40 tutor yang berasal dari 20 PKBM dan 3 SKB di Kabupaten Gorontalo dan kegiatan akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari terhitung mulai tanggal 28 Oktober sampai dengan 1 November Tahun 2019.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan Tahun 2019 ini para peserta dapat memahami dan mengimpelementasikan kurikulum 2013 serta meningkatkan kemampuan, minat dan inovasi para tutor dalam mengelola pembelajaran Kesetaraan.

Bagikan

1 thought on “Diklat Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan Kabupaten Gorontalo”

  1. Lun A. Rupu says:

    Sukses buat ketua Forum Tutor Kesetaraan Kab. Gorontalo…. 👍👍👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *