Gelar FGD Pemetaan Mutu

 

UNTUK melaksanakan penjaminan dan pengedalian mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Maka Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD-Dikmas) Gorontalo menggelar Focus Group Discussion (FGD) pemetaan mutu, Kamis (3-1) di aula BP PAUD-Dikmas Gorontalo.

 

Kepala BP PAUD-Dikmas Gorontalo Drs. Bambang Kunaedi, M.Si mengatakan peserta yang ikut pada FGD sebanyak 72 peserta yang terdiri dari bidang PNF, kepala seksi dan kelembangaan kabupaten/kota se Gorontalo, kepala SKB kabupaten/kita, BAP Provinsi/Pokja Kabupaten/kota serta mitra terkait yang ikut dalam pengembangan mutu PAUD-Dikmas di Provinsi Gorontalo. “FGD ini sebagai kegiatan awal sebelum kita menggelar rapat koordinasi (Rakor). Sehingga ada beberapa permasalahan bisa kita bahas bersama untuk selanjutnya bisa kita tuangkan dalam rakor nanti,” ucap Bambang.

Menurutnya FGD tersebut sebagai wujud sosialisasi instrument pemetaan mutu serta simulasi dan pemutakhiran aplikasi pemetaan mutu, supervisi dan system penilaian akreditasi BAN PAUD dan PNF.

“Kami juga berharap agar kita semua mengerti tentang tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan pemetaan mutu serta kemampuan memberikan data-data informasi terkait mutu lembaga satuan PAUD dan Dikmas di wilayah masing-masing,”sambungnya.

Kegiatan FGD tersebut dibuka langsung Ir. Agus Pranoto Basuki, M.Pd kepala bagian perencanaan dan penganggaran SetDitjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dihadiri Drs. Suka M.Pd kepala bidang pengembangan dan Informasi PP PAUD-Dikmas Jawa Tengah.

Menurut Agus Pranoto bahwa Standar Nasional Pendidikan (SNP) terdiri dari delapan komponen standar. Yaitu standar kompetensi lulusan; standar isi; standar proses; standar pendidikan dan kependidikan; standar sarana dan prasarana; standar pengelola; standar penilaian; dan standar pembiayaan. “SPN dikembangkan untuk menjami mutu pendidikan nasional. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermatabat serta berfungsi sebagai dasr dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan nasional. Ikuti baik-baik kegiatan ini. Pahami materi yang diberikan oleh narasumber serta dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” tandas Agus. (ndi)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *