Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional Ke-54

Makassar – Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tahun 2019 secara Nasional dipusatkan di Lapangan Karebosi Makasar, pada tanggal 5 sampai dengan 8 September 2019, dengan acara puncak peringatannya dilaksanakan pada tanggal 7 September 2019. Hari Aksara Internasional tahun ini mengusung tema “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”.

Pada acara puncak HAI 2019 di Makassar ini, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD Dikmas) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar mengadakan berbagai acara, antara lain pameran PAUD dan Dikmas, Festival Literasi Indonesia, Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Berkelanjutan, dan berbagai kegiatan keaksaraan lainnya.

BP PAUD dan Dikmas Gorontalo termasuk salah satu dari 29 UPT PAUD dan Dikmas seluruh Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam pameran PAUD dan Dikmas pada Hari Aksara Internasional tersebut.

Stand BP PAUD dan Dikmas Gorontalo sendiri menampilkan hasil produk unggulan dari Provinsi Gorontalo yang dibuat langsung oleh PKBM, LKP maupun SKB diantaranya kain karawo, jilbab karawo, kipas karawo, Upiya karanji, kopi pinogu, kopi gabulu, kue karawo, sambal nike, sambal rowa, crispy nike, minyak kelapa kampung dan gula-gula soba.

Selain produk unggulan tadi, stand BP PAUD dan Dikmas Gorontalo juga menampilkan hasil model PAUD dan Dikmas berupa bahan cetak, brosur dan leaflet serta Video Pendidikan Multi Keaksaraan.

Pada kesempatan itu pula PKBM Hutuo Lestari yang merupakan binaan BP PAUD dan Dikmas Gorontalo memperoleh Penghargaan Publikasi Video Keaksaraan yang diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Masyarakat, Ir. Harris Iskandar, Ph.D.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *