Kerjasama dan Publikasi Melalui Kegiatan Gebyar PAUD dan Dikmas

Gorontalo – BP PAUD dan Dikmas Gorontalo yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo dan organisasi mitra serta praktisi program PAUD dan Dikmas menyelenggarakan kegiatan Kerjasama dan Publikasi melalui kegiatan Gebyar PAUD dan Dikmas Tahun 2019 di Provinsi Gorontalo. Acara yang berlangsung dari hari Jumat (6/12) sampai Sabtu (7/12) ini dipusatkan di halaman dan Aula Kantor BP PAUD dan Dikmas Gorontalo. Sekretaris Direktorat PAUD dan Dikmas Dr. Wartanto, MM turut menghadiri dan membuka acara pembukaan Gebyar PAUD dan Dikmas. Kegiatan Gebyar PAUD dan Dikmas ini merupakan upaya publikasi kreativitas dan inovasi jajaran Paud dan Dikmas. “Sehingga lebih mendorong masyarakat berkolaborasi bersama-sama untuk meningkatkan mutu PAUD dan Dikmas,” ungkap Wartanto.

Penyelenggaraan kegiatan Gebyar PAUD dan Dikmas ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama antara BP PAUD dan Dikmas Gorontalo dengan Mitra dan lembaga terkait, sekaligus sebagai wahana untuk mempublikasikan seluruh program BP PAUD dan Dikmas. Hal ini terlihat dari tema yang diusung untuk tahun ini adalah “Dengan Gebyar PAUD dan Dikmas Kita Wujudkan Produktivitas dan Kemandirian Masyarakat, serta Menumbuhkan Kreativitas Anak Menuju Generasi Milenial Cerdas yang Berkarakter”.

BP Paud Dikmas sebagai perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Paud Dikmas Kemendikbud mempunya 3 tugas utama, yang pertama yakni penjaminan mutu untuk program dan satuan paud dikmas agar tercapai 8 standar nasional, yang kedua melakukan pengembangan model paud dikmas yg ada di masyarakat dan yang ketiga memberikan fasilitas kepada daerah terkait paud dikmas.

Dari data yang sudah dirilis Kemendikbud menyebutkan bahwa saat ini terdapat anak usia 0-6 tahun sejumlah 30 juta anak dan dari angka tersebut yg terlayani baru 6.6 juta. Usia sd yg terlayani sudah 91%, usia smp dan sederajat yg terlayani 71%, usia sma dan sederajat yg terlayani 61%, usia perguruan tinggi yg terlayani 35%, sehingga menurut Wartanto, “sudah menjadi PR kita bersama dalam lingkup Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat untuk meningkatkan pelayanan dan lebih berkembang agar makin banyak anak-anak dan masyarakat yang bisa menikmati pendidikan”

Untuk menutup sambutannya Dr. Wartanto, MM berpesan “mari Gorontalo ini kita layani anak-anak usia sekolah dan tidak sekolah dg berbagai program Paud dan Pendidikan Masyarakat yang sesuai untuk mereka dan bisa mengantarkan mereka memperoleh kehidupan yang lebih baik di masyarakat”, acara yang resmi dibuka dengan ditandai dengan pemukulan Bunggo oleh Dr. Wartanto, MM bersama dengan Drs. H. Bambang Kunaedi, M.Si, dilanjutkan dengan pelepasan balon serta peninjauan stand pameran untuk Kabupaten/Kota, SPNF SKB Kabupaten/Kota serta SWBB dan sponsor.

Acara ini turut pula dimeriahkan oleh ratusan anak-anak PAUD usia 3 hingga 5 tahun dari berbagai Kabupaten/Kota se- Provinsi Gorontalo. Hal ini terlihat pada hari ke-dua penyelenggaraan Gebyar PAUD dan Dikmas Provinsi Gorontalo, dimana mereka menunjukan berbagai bakat dan kreativitas mereka dalam berbagai lomba seperti menggambar, memindahkan bola, menyusun balok hingga membuat tali simpul. Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo, Drs. H. Bambang Kunaedi M.Si mengatakan, sesuai tema yang diusung untuk kegiatan Kerjasama dan Publikasi melalui Gebyar PAUD dan Dikmas ini, merupakan bentuk perhatian generasi kedepan kita agar, tak terpengaruh dengan hal-hal negatif dari perkembangan teknologi yang ada. “Sehingga kegiatan yang dilaksanakan memberikan kreativitas dan kegembiraan, pada anak-anak lewat lomba-lomba yang berdampak baik untuk mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi pertumbuhan otak anak,” ujar Bambang.

Selain itu, hadirnya para orang tua yang turut memberi dukungan untuk anak-anaknya. Dikatakan Bambang ini sangat penting, karena keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak berdampak pada motivasi dan kepercayaan diri anak. “Orang tua merupakan pendidikan pertama dan utama dalam keluarga, dengan keterlibatan orang tua terhadap pendidikan anak ini, akan menambah kemajuan dan keseriusan belajar anak,” ungkap Bambang.

Disamping anak-anak, kegiatan kali ini juga diramaikan dengan stand pameran dari Mitra BP PAUD dan Dikmas Gorontalo yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota se- Provinsi Gorontalo antara lain PKBM, LKP dan SKB yang memamerkan berbagai produk kewirausahaan mulai dari kerajinan khas Gorontalo seperti kain karawo sampai aneka cemilan khas Gorontalo, kegiatan tersebut menjadi ajang dalam mempublikasi dari implementasi hasil produk.

Dihari terakhir kegiatan kerjasama dan publikasi melalui Gebyar PAUD dan Dikmas, dilaksanakan publikasi hasil pemetaan mutu dan hasil pengembangan model oleh pamong belajar yang telah mengembangkan model dari tahun 2017 hingga 2019 memaparkan hasil pengembangan mereka dihadapan para stakeholder dan mitra terkait. “Model-model yang telah dikembangkan yaitu model PAUD, model Dikmas dalam hal ini pendidikan kesetaraan dan keaksaraan, Model Kursus dan Pelatihan serta Model Pembinaan Pendidikan Keluarga,” ungkapnya.

Acara ini pun diakhiri dengan pemutaran film pendidikan oleh BPCB sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang dari berbagai lomba yang telah dilaksanakan.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *