Monitoring DAK, Konsistensi Pendidik PAUD Terjang Semua Halangan

Gorontalo, Senin 4 November 2019, BP Paud Dikmas Gorontalo sebagai perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas melakukan monitoring ke sejumlah lembaga PAUD di Kabupaten Gorontalo Utara.

Monitoring pada sejumlah lembaga PAUD di kabupaten Gorontalo Utara ini untuk mendapatkan data tentang pemanfaatan Dana Alokasi Khusus fisik dan non fisik tahun 2019.

Kegiatan monitoring yang juga diikuti oleh pejabat dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara ini disambut baik oleh pihak lembaga PAUD yang dikunjungi, tidak hanya sekedar mendapat data dari instrumen yang diisi tapi juga bisa mendapat masukan tentang pemanfaatan Dana Alokasi Khusus 2019 di lembaga PAUD dan juga kekurangan yang masih butuh perhatian.

PAUD Idhata Titidu sebagai salah satu dari sejumlah lembaga yang dikunjungi misalnya, komplek lembaga pendidikan yang tertata apik dan rapi itu diisi dengan berbagai fasilitas untuk anak didik, sehingga walau pendaftaran peserta didik sudah ditutup, peminatnya masih berdatangan. “Sebenarnya kami sudah tolak dan kami sudah utarakan bahwa anak-anak yang didaftarkan terlambat namanya tidak bisa tercantum di sistem, tapi mereka (para orangtua) bisa menerima itu. Buat mereka (orangtua) asal anak-anaknya sekolah, tentang nama terdaftar bisa didaftarkan berikutnya” Sri Yanti Lahati, S.Pd, M.Pd, pimpinan PAUD Terpadu Idhata Titidu.

TK Anggrek di Desa Pontolo, Kwandang, Gorontalo Utara mempunyai cerita yang berbeda, gedung TK yang berada tidak terlalu jauh dari pasar dikeluhkan oleh ibu Kepala Sekolah Nurhayati Madjid, S.Pd, beliau berkisah “kadang, bau ikan dari sebelah masuk sampai ke ruang kelas, tapi karena semangat yang tinggi, anak-anak tidak terganggu”, ujarnya yang sudah 9 tahun menjadi Kepala Sekolah di TK Anggrek tersebut.

Kegiatan monitoring yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 4 hingga 6 November 2019 ini diharapkan bisa mendapat data sebanyak mungkin tentang pemanfaatan Dana Alokasi Khusus yang sudah diberikan.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *