PAGELARAN SENI DAN BUDAYA WARNAI GEBYAR HARDIKNAS 2018

GORONTALO– Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 sudah memasuki hari keempat berbagai kegiatan mengisi event dalam rangkaian memeriahkan Hardiknas 2018 itu. salah satunya yaitu pergelaran Seni dan Budaya tradisional yang berlangsung sejak sabtu (2/5) hingga Jum’at (7/5) dirumah adat Dulohupa Kota Gorontalo.

Masing-masing  sekolah baik tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sederajat se Kab/ Kota Gorontalo ikut ambil bagian dalam Gebyar Hardiknas ini. penanggung jawab kegiatan pagelaran seni dan budaya Drs. Bambang Kunaedi, M.Si mengungkapkan kegiatan semarak Hardiknas 2018 ini melibatkan seluruh unsur elemen penyelenggara pendidikan baik UPT Kemendikbud di provinsi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi dan Kab/Kota serta pemangku kepentingan di bidang pendidikan. dimana dalam pegelaran seni dan budaya tradisional ini, masing-masing satuan pendidikan sudah mengambil bagian. Seperti Vokalia, Cerita berbahas Gorontalo, Tari Tradisonal hingga parade busana daerah. ” Kegiatan ini merupakan ajang unjuk seni dan budaya daerah Gorontalo yang ditampilkan oleh satuan Pendidikan baik formal maupun nonformal dari PAUD, SD, SMP/PaketB, SMA atau Paket C juga oleh SLB dan satuan karya Pramuka Widya budaya Bakti (SWBB), SKB maupun PKBM, “. Ucap Bambang.

Diharapkan Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Gorontalo itu agar dengan diselengarakanya pagerlaran seni dan budaya tersebut akan menumbuhkan rasa cinta terhadapa budaya sejak usia dini. Dengan tumbuhnya rasa cinta akan melahirkan rasa untuk belajar. Dengan belajara akan tumbuh semangat untuk melestarikan Budaya.

Anak-anak akan bangga dengan menampilkan seni budaya yang dimilkinya. Walaupun hanya satu bidang seni budaya saja. Misalnya dari segi tarian. Segi Mendongeng.Baca puisi maupun Vokalia maupun Parade busana daerah. dengan mencintai seni budaya akan menumbuhkan rasa cinta tanah air sebagai salah satu pembinaaan karakter bagi anak-anak kita dalam memajukan kebudayaan,“. tandas Bambang.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *