Pahlawan Masa Kini, Penjaga dan Perawat Kemerdekaan

Gorontalo, Peringati Hari Pahlawan, BP PAUD DIKMAS Gorontalo gelar upacara di halaman Kantor Balai. Kepala BP PAUD DIKMAS Gorontalo Drs. Bambang Kunaedi, M.Si yang langsung menjadi pembina upcara, senin 11 November 2109.

Peringatan Hari Pahlawan juga menjadi momentum untuk menjaga persatuan. “Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” ucap Bambang Kunaedi membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari P Batubara.

Kepala BP PAUD DIKMAS Gorontalo menuturkan, tepat ditanggal 10 November, masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Peringatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Juga mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. “Perang mengingatkan kita bawa: kemerdekaan tidak datang begutu saja, tapi perlu diperjuangkan. Semangat perjuangan tersebut perlu terus ditumbuh kembangkan di segenap hati sanubari kita sebagai penerus perjuangam bangsa”, sambungnya.

Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 berlangsung penuh hormat kepada para pahlawan ini tidak hanya diisi dengan sambutan tapi juga ada nukilan dari kalimat-kalimat dari para Pahlawan, seraya mengingatkan kepada semua peserta upacara bahwa kemerdekaan tidak datang begitu saja, tapi perlu diperjuangkan dan perjuangan itu tidak serta usai ketika kemerdekaan sudah diraih. Perjuangan untuk menjaga dan merawat kemerdekaan masih harus terus dilakukan.

Seiring dengan semangat untuk menjaga dan merawat kemerdekaan itu, tema Hari Pahlawan 2019 ini adalah “Aku pahlawan masa kini”, dengan harapan akan banyak orang-orang yang dengan aksi nyata selalu menebar kebaikan, kebajikan dan menolong sesama. Membentengi diri dan sekitarnya dari bermacam-macam hal negatif mulai dari berita hoaks atau provokasi untuk melakukan hal yang tidak baik.

Menutup amanat Menteri Sosial yang dibaca Kepala BP PAUD DIKMAS Gorontalo Drs. Bambang Kunaedi, M.Si berujar “Dengan menjadikan diri kita sebagi Pahlawan Masa Kini, teruslah memupuk nilai-nilai kepahlawanan dengan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dalam bingkai keutuhan NKRI. “

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *