PEMDA DIDORONG TINGKATKAN LAYANAN DASAR

DALAM-Mendorong partisipasi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan. maka butuh peran aktif pemerintah daerah (PEMDA) untuk memberikan pelayanan dasar bagi PAUD dan Kesetaraan dimasing-masing wilayahnya. Hal itulah yang ditekankan Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) dan Pendidika  Masyarakat (Dikmas) Dr.Wartanto.M.M saat memberikan Materi pada kegaiatn Rapat Koordinasi Program Bali Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD Dikmas) sekaligus pendidikan dan latihan (Diklat) Pendidikan Keluarga pada satuan pendidikan seProvinsi Gorontalo, Rabu(7/3/2018) kemarin. Menurut beliau bahwa anak usia 5-6 Tahun wajib dan berhak mendpatkan layanan PAUD, sementara untuk anak usia 7-18 wajib untuk belajar di pendidikan dasar atau kesetaraan. “Dari data yang ada di Gorontalo ini harus lebih menggiatkan untuk melakukan pendataan PAUD dan Kesetaraan. Kelemahan di Gorontalo banyak dinas-dinas yang belum mendorong satuan pendidikan memasukan data peserta didiknya di data pokok pendidik (DAPODIK). nah, partisipasi inilah yang kita ingin dorong pada Pemda agar pelayanan dasar untuk PAUD dan kesetaraan untuk ditingkatkan. salah satu bentuknya yaitu memasukan data peserta didiknya di Dapodik,”. ucap Wartanto.

Dikatakan Wartanto jika sasaran data yang masuk di Dapodik besar. Maka DAK  Nonfisik yang akan dikucurkan Kemendikbud akan lebih besar. “Saat ini DAK nonfisiknya masih sangat kecil, karena sasaran yang masuk di Dapodik kecil. karena dasar kita memberikan bantuan didaerah itu dari Dapodik,” beber mantan kepala BPKB Ungaran itu. Di Tahun 2019 ditegaskan Wartanto setelah berjalanya PP No.2 Tahun 2018 tentang standar Pelayanan Minimal Daerah wajib memiliki daftar sasaran, baik lembaga atau orangya ke Dapodik.

Tadi saya berbicara kepada Peserta apa yang harus kita lakukan ditahun  2018 ini. Kita Lakukan adalah pendataan dulu untuk anak 5-6 Tahun dan data anak 7-18 Tahun. setalah didata, harus memperkuat satuan pendidikan, baik PAUD, PKBM, SKB maupun lembaga kursus. yang menyelanggarakan PAUD dan Kesetaraan Ini harus ditingkatkan Kualitasnya. dan disitulah BP PAUD dan Dikmas yang Nantinya akan mengambil peran dalm peningkatan Mutu,”. Tandasnya.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *