PENINGKATAN MUTU PENDIDIK PAUD UNTUK MENCAPAI SNP

GORONTALO-  Menjadi salah satu daerah dengan APK PAUD tertinggi secara nasional dengan rat-rata APK PAUD 2017/2018 mencapai 90,26 %. Untuk itu, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ( BP PAUD-Dikmas) Gorontalo terus melakukan peningkatan kompotensi SDM terhadap pendidik PAUD agar tercipta proses pembelajaran yang mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kepala BP PAUD-Dikmas Gorontalo Drs.Bambang Kunaedi,M.Si Mengungkapkan bahwa yang menjadi tantangan dalam standar pelayanan minimal (SPM) PAUD adalah masih banyak PAUD yang belum memenuhi SNP. diantaranya sarana-prasarananya yang dimiliki masih seadanya, Kompotensi tenaga pendidik yang masih rendah  dan belum menerapkan Kurikulum K13.

“Sehingga dalam mendirikan Lemabaga PAUD  baru, harus berhati-hati. Pemangku kepentingan/kepala dinas pendidikan harus lebih ketat saat memberikan izin mendirikan dan melakukan monitoring serta Evaluasi penyelenggaraan lembaga PAUD. Lembaga PAUD harus memenuhi 8  standar kualitas serta mempercepat proses akreditasi PAUD yang sudah berjalan dan terbukti bermanfaat bagi anak-anak usia dini disekitarnya,”. ucapnya disela-sela kegiatan melakukan peningkatan kompotensi SDM tehadap tenaga pendidik PAUD yang berlangsung sejak Rabu-Sabtu (9-12/5) di BP PAUD Dikmas Gorontalo.

Menurutnya bahwa ada beberapa langkah kebijakan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud. yaitu program wajib PAUD satu tahun Pra-SD, terutama bagi desa-desa yang belum terdapat layanan PAUD. Penyediaan sarana-prasarana serta fasilitas PAUD untuk daerah-daerah 3T. Perintisan program PAUD baru bagi desa-desa yang belum terdapat layanan PAUD. “Serta peningkatan mutu SDM untuk guru PAUD dan mendorong pemanfaatan dana desa untuk pembinaan PAUD. Saya berharap dengan kegiatan pelatihan Pendidik PAUD ini, akan tercapai SNP bagi masing-masing Lembaga PAUD yang ada di Gorontalo,”. akhir Kepala Balai tersebut.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *