Peran Bunda PAUD penting untuk tumbuh kembang anak di era teknologi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membuka acara Apresiasi Bunda PAUD Kemendikbud di Balai Jakarta, Senin, 18 November 2019. Tema yang diangkat untuk tahun ini adalah “Memantapkan peran Bunda PAUD menuju PAUD berkualitas”. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi penuh peran para Bunda PAUD yang sudah banyak meluangkan waktu dan tenaga dalam membangun karakter anak.

Beliau menekankan, bahwa dunia yang kini bergerak maju pesat dengan teknologi harus diimbangi dengan adaptasi yang cepat, karena jika masih mengandalkan peran pendidik di lembaga formal, bisa dipastikan anak bangsa akan tertinggal.

Tugas mendidik anak untuk cepat beradaptasi itu paling besar terletak pada beban keluarga dan disini peran penting PAUD dan Bunda PAUD, karena pendidikan PAUD menekankan pada kedekatan keluarga dan pendidikan keluarga.

Acara yang dihadiri oleh Ibu Wakil Presiden Wury Estu Handayani dan Istri Mendikbud Franka Franklin itu memberikan apresiasi dan dukungan serta menyematkan pin emas kepada 6 istri gubernur dan 13 istri wali kota yang dinilai punya kontribusi besar menjadi Bunda PAUD di daerah masing-masing.

“Karena intervensi di usia dini membuat perbedaan jangka panjang yang bersifat permanen, disinilah peran penting PAUD dan Bunda PAUD”, pungkasnya.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *