PROGRAM PKW KABUPATEN POHUWATO DAN UPAYA MENGENTASKAN PENGANGGURAN

Program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) di kabupaten Pohuwato berhasil melahirkan 20 wirausaha.  Program yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan ini mampu menambah skill masyarakat dalam menjahit.

PLT SKB Pohuwato, Wisno I.Agus mengungkapkan, PKW yang merupakan program kemendikbud, dirjen PAUD dan Dikamas ini sangat dirasakan manfaatnya karena mampu melahirakan tenaga dibidangnya. Sehingga ia menargetkan, program PKW ini dapat dilaksanakan setiap tahun oleh SKB Pohuwato.

Dilaksanakan sejak april hingga Oktober 2018, program ini dinilai sangat berguana dalam menunjang kecakapan di Pohuwato. Selain itu, juga mampu mengentaskan jumlah pengangguran di daerah.”Beberapa produk nyata yang di hasilkan oleh warga binaan kemarin itu misalnya alas meja yang saat ini digunakan di kantor SKB,” Ungkap Wisno

saat ini, SKB Pohuwato sedang mengusulkan lagi dua proposal PKW ke BP-PAUD dan Dikmas Gorontalo. ada dua Keterampilan yang diusulkan menjahit dan penggunaan tools di komputer.

Program PKW untuk dua komputer tersebut, SKB Pohuwato menargetkan pelatihannya dilaksanakan pada Agustus 2019. Namun, pendaftarannya telah dibuka dan telah ada beberapa yang mendaftar sebagai peserta. ”Ditemui di tempat yang sama, Rahayu Abdul Azis menjelaskan syarat agar bisa diterima menjadi peserta program PKW.

”Pertama ia setidaknya telah berusia 15 tahun dan maksimal 40. Usia ini kami pikir penting sebagai ukuran produktivitas ia menjadi berwirausaha,”
Selain itu, Rahayu yang menjabat sebagai Pamong Belajar Muda di SKB Pohuwato itu mengungkapkan, peserta juga harus seorang yang belum memiliki pekerjaan tetap / pengangguran dan memiliki minat, sesuai dengan keterampin yang dibuka oleh SKB.”Yang penting oleh seorang peserta itu adalah dia memang memiliki minat di bidang yang di buka oleh SKB. Agar dia bisa serius mengikuti pelatihan dan paling penting setelah pelatihan ia menerapkan ilmu yang ia dapat,”Tutup Rahayu.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *