Rapat Koordinasi Pokja Bunda PAUD, Provinsi Gorontalo, Tahun 2020 :
Bersama kita wujudkan Paud Holistik Integratif yang Berkualitas.

Gorontalo, Senin, 2 November 2020. Kelompok Kerja Bunda Paud menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tingkat Provinisi (RAKORPROV) Gorontalo. Rakorprov yang secara langsung dihadiri oleh Wakil Gubenur Provinsi Gorontalo, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo dan sekaligus wakil ketua Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Gorontalo dan para peserta yang berjumlah 45 orang yang terdiri dari Bunda-bunda PAUD dan Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo.

Rakorprov yang mengambil tema “Bersama kita wujudkan PAUD Holistik Integritas yang Berkualitas” ini dibuka langsung oleh Bapak Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Dr. Drs. H. Idris Rahim, M.M.

Pada sambutannya, Idris Rahim membuka dengan kalimat yang cukup menginspirasi, “Koordinasi mudah diucapkan, tapi sulit untuk dilakukan. Buat program tidak usah muluk-muluk tapi buatlah program yang bisa dilaksanakan. Para Bunda PAUD harus menyiapkan masa depan anak-anak PAUD untuk bersaing menghadapi kompetisi global dan ilmu pengetahuan di masa depan”.

Kecenderungan pendidikan anak yang terjadi saat ini adalah, ketika anak sudah sekolah maka pendidikan itu menjadi urusan sekolah, sedang rumah yang seharusnya menjadi sekolah pertama dan yang utama, hanya menjadi tempat untuk pulang, bermain dan istirahat. Idris Rahim jadi teringat akan masa lalunya yang ketika dia masih kanak-kanak dititipkan kepada kakek dan neneknya, beliau menambahkan ”Pendidikan hanya dipercayakan kepada guru, kita harus mampu memasyarakatkan paud kepada masyarakat, kalau di desa dipercayakan kepada nenek dan kakek”.

Anak-anak pada usia 0 sampai 6 tahun yang justru merupakan Golden Age jadi terlupakan oleh orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak seharusnya juga pengasuhan diserahkan kepada kakek dan nenek anak-anak mereka. “Orang tua harus mampu bertanggung jawab agar anak-anak mereka mampu menghadapi kompetisi global dan kemajuan iptek yang akan datang”, pungkasnya.

Rakorprov yang diselenggarakan di Aula Huyula Ambu BP PAUD Dan DIKMAS Gorontalo bertujuan untuk koordinasi antar peserta dalam rangka pembentukan pokja bunda paud ditingkat Kabupate dan Kota serta Pemventukan Paud Holistik Integratif. Selain itu juga ada penandatanganan Nota Kesepahaman yang berisi Kerjasama dalam pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif di Provinsi Gorontalo.

Nota Kesepahaman ini berisi beberapa point kesepakatan ;
1.Membentuk Gugus Tugas Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
2.Menyinkronkan penyusunan rencana program, kegiatan dan anggaran Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
3.Memobilisasi Sumber Dana, Sarana, dan Daya dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
4.Secara bertahap memberikan layanan pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Provinsi Gorontalo secara Holistik dan Integratif.
5.Mengkoordinasikan pelaksanaan pemantuan dan evaluasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
6.Menyelenggarakan advokasi dalam rangka pelaksanaan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Nota kesepahaman ini ditandatangani bersama oleh :
1.Bunda Paud Provinsi Gorontalo,
2.Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Gorontalo,
3.Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo,
4.Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo
5.Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo
6.Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Tertinggal (BPM-PDT) Provinsi Gorontalo
7.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo
8.Kepala BP PAUD DAN DIKMAS Provinsi Gorontalo
9.Polisi Daerah Provinsi Gorontalo.

Berikutnya acara yang berlangsung satu hari ini dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Dr. Muhammad Hasbi dan juga ada beberapa sesi diskusi dengan beberapa narasumber yang berkaitan tentang pengembangan PAUD Holistik Integratif dan rencana tindak lanjut dimasing-masing daerah.

im

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *