SAKA WIDYA BUDAYA BAKTI GORONTALO MERIAHKAN KEMAH BELA NEGARA

Eksistensi Saka Widya Budaya Bakti Gorontalo yang dibina Balai Pengembangan PAUD-DIKMAS Gorontalo terus meningkat. Baru-baru ini, Saka Widya Budaya Bakti Gorontalo ikut berpartisipasi sebagai peserta pada Kemah Bela Negara yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gorontalo yang bertempat di BP PAUD-DIKMAS Gorontalo, Rabu (14/11) hingga Sabtu (17/11).

Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) gerakan pramuka Widya Budaya Bakti Gorontalo, La Ode Sahara mengungkapkan sejak dikukuhkan, Saka Widya Budaya Bakti selalu aktif dalam setiap kegiatan kepramukaan di Gorontalo. Termaksud dalam mengikuti kegiatan ditingkat Nasional. “Pembinaan Pramuka dalam beberapa tahun terakhir ini meningkat pesat. Tentu kami sebagai Pembina Saka Widya Budaya Bakti turut ikut dalam menyemarakan setiap kegiatan pramuka berlokasi di gedung BP PAUD-Dikmas Gorontalo Gorontalo. Selain sebagai wadah pembinaan, pramuka juga dapat meningkatkan nilai-nilai karakter dari peserta didik,” ucap La Ode.

Komitmen yang tinggi dalam membina Saka Widya Budaya Bakti mendapat dukungan penuh dari Ka Mabisaka, Bambang Kunaedi yang juga kepala BP PAUD- DI KMAS Gorontalo.

“Apal agi dengan kemah bela negara ini, sangat bagus. Sangat membina  setiap anggota Saka Widya Budaya Bakti, menumbuhkembangkan kecintaan mereka terhadap negara  dan bangsa ini. Merekatkan nasionalisme dan terpenting dapat menjadi abdi yang berbakti kepada masyarakat,” tutur La Ode.

Sementara itu, ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo Idah Syahidah yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kemah karakter dan bela negara iniadalah untuk menimbulkan kembali semangat anak-anak bangsa. Sehingga bisa terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia juga menambahkan, acara ini digelar tidak lepas dari pentingnya peranan gerakan pramuka yang berpeluang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

“NKRI harga mati. Jadi adik-adiku sekalian yang hari ini ikut perkemahan, semoga jiwa semangat kalian, jiwa persatuan dan kesatuan kalian harus terus berkobar. Karena kelak kepemimpinan bangsa ini ada di tangan kalian, jadi jangan rusakmasa muda kalian dengan hal-hal negatif,” kata Idah

Mantan Ketua TP. PKK Gorontalo Utara ini berharap sebagai generasi penerus bangsa, pelajar tidak cukup hanya dengan pintar dan terampil. Namun juga perlu memiliki pendidikan karakter yang baik. Olehnya itu dengan mengikuti perkemahan ini, adalah salah satu cara bagaimana membentuk karakter dan mental yang baik bagi setiap anak.

“Pendidikan karakter kita bangun melalui kegiatan ke Pramukaan ini. Sebagai pelajar kalian harus memiliki itu. Dengan perkemahan ini juga diharapkan menambawah wawasan kalian, bias menambah teman, supaya kalian tahu walaupun beda-beda sekolah rasa persaudaraan harus kalian jaga, sehingga tidak ada lagi tawuran antar sekolah,” tandasnya. Perkemahan yang akan berlangsung selama empat hari kedepan ini juga dihadiri oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Pramuka Abdul Rafur. Selain kegiatan perkemahan, berbagai lomba dan kegiatan akan hadir di perkemahan tersebut. (*)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *