Semangat Perubahan di Momen Hari Guru 2019

Gorontalo, 25 November 2019 – Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Gorontalo sebagai salah satu UPT dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ikut melangsungkan upacara peringatan Hari Guru Nasional di halaman Kantor Balai.

Tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah “Guru Penggerak Indonesia Maju”. Upacara yang dimulai pada pukul 07.30 ini diikuti oleh seluruh pimpinan, pegawai dan staff.

Kepala Balai Drs. H. Bambang Kunaedi, M.Si selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Dalam pidato tersebut Mendikbud berpesan agar para guru di tanah air menggelorakan semangat perubahan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pidato Mendikbud kali ini lebih mengacu pada kondisi nyata di lapangan, salah satunya yakni terkait kurikulum yang menjadi pengekang guru untuk berinovasi dalam mengembangkan karakteristik siswanya. “Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan. Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi,” cuplikan pidato Mendikbud yang dibacakan Bambang Kunaedi selaku pembina upacara.

Mendikbud berpesan agar para guru tidak perlu menunggu perintah untuk mulai melakukan perubahan tapi mengambil inisiatif sendiri untuk melakukan perubahan-perubahan kecil yang jika setiap guru melakukannya secara serentak maka kapal besar bernama Indonesia pasti akan bergerak.


  • Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar
  • Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas
  • Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas
  • Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri
  • Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan

Selamat Hari Guru.

#merdekabelajar #gurupenggerak

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *