Sosiometri Di BPPAUD dan Dikmas Gorontalo

Di penghujung tahun 2019 seluruh ASN BP PAUD dan Dikmas Gorontalo melaksanakan pengisian instrumen sosiometri, Jumat 27 Desember 2019. Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 WITA ini diikuti oleh 42 ASN di lingkungan BP PAUD dan Dikmas Gorontalo yang tediri dari unsur Pimpinan, Kasubbag Umum, Pamong dan Staf Pelaksana.

Restrukturisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam perpres nomor 82 Tahun 2019 inipun menjadi salah satu latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini. “Dalam Perpres tersebut diatas Ditjen PAUD dan Dikmas unit utama sudah tidak ada, tetapi fungsinya masih ada dan pegawai-pegawai yang ada di PAUD Dikmas ini akan dipetakan melalui sosiometri” ujar Rais Faisal selaku Tim dari Ditjen PAUD dan Dikmas. Lebih lanjut menurut Rais, dengan restrukturisasi ini nantinya banyak perubahan dan dimungkinkan sampai ke UPT yang ada dibawah masing-masing Ditjen. “Karena kita tidak tahu tahun depan UPT ini akan pindah ke Vokasi atau PAUD Dikdasmen”. Sebelum mulai mengisi instrumen Sosiometri, para pegawai menerima penjelasan singkat dari Tim Ditjen PAUD dan Dikmas mengenai latar belakang dan teknis pengisian instrumen.

Selanjutnya untuk pelaksanaan sosiometri para pegawai mulai menilai rekan kerja mereka serta diri sendiri melalui instrumen yang dibagikan oleh panitia. Di dalam instrumen yang berjumlah 20 nomor itu terdapat berbagai variabel penilaian, diantaranya Kompetensi, Integritas, Visi Kedepan, Kinerja dan Kreatifitas. Penilaian Sosiometri ini sendiri merupakan bentuk penilaian yang lebih condong ke pengukuran secara sosial.

Setelah para peserta mengisi instrumen dan panitia mengolah data dari instrumen sosiometri, pada pukul 15.00 WITA semua ASN dikumpulkan kembali untuk melihat hasil penilaian para pegawai tersebut. Nilai ini nantinya akan menjadi motivasi bagi pegawai untuk menjadi lebih bagus lagi. “Kedepannya ini bisa dijadikan pijakan untuk mengetahui kemampuan dari diri kita yang harus ditingkatkan” ujar Rais menutup kegiatan Sosiometri ini. Hasil akhir penilaian ini kemudian akan disampaikan kepada pimpinan dipusat dan digunakan sebagai dasar bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan ditahun depan yang berkaitan dengan restrukturiasasi PAUD Dikmas.

Hasil sosiometri dari ASN yang berjumlah 42, yang memperoleh predikat “Baik” berjumlah 38 orang. Sedangkan yang memperoleh predikat “Cukup” berjumlah 4 orang. Lebih lanjut Bambang Kunaedi Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo menyatakan bahwa dengan sosiometri akan menjadikan motivasi bagi kita sekalian untuk lebih berkinerja dimasa-masa yang akan datang. Pada unsur mana yang masih kurang itulah yang harus ditingkatkan lagi dalam bekerja dan berkinerja.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *