SWBB Kemah bersama, Refreshing Positif

Gorontalo – Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) pangkalan BP PAUD dan Dikmas Gorontalo menggelar Kemah Bakti Bersama di halaman BP PAUD dan Dikmas Gorontalo. Kegiatan Kemah Bakti ini dilaksanakan selama 2 hari dari hari Jumat (13/12) hingga Sabtu (14/12).

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan SWBB binaan BP PAUD dan Dikmas Gorontalo ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai gudep antara lain SPNF SKB Kota Gorontalo, SMK 1 Limboto, SMK 2 Limboto, SMA 1 Telaga, SMA 1 Telaga Biru. Kegiatan Kemah Bakti ini dimaksudkan agar anggota SWBB pangkalan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Gorontalo lebih memahami dan menghayati terkait program kegiatan yang ada dalam pangkalan saka.

Kemah Bakti ini dibuka langsung oleh Mabisaka Saka Widya Budaya Bakti, Kak Bambang Kunaedi yang juga Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas Gorontalo dan mengapresiasi kegiatan Kemah Bakti yang baru pertama kali digelar oleh SWBB binaan BP PAUD dan Dikmas Gorontalo ini. “Kegiatan ini sudah kita rencanakan dari bulan lalu, namun baru terlaksana bulan ini karena ada beberapa agenda penting yang dilaksanakan di Balai maupun yang dihadapai adik-adik seperti Ujian Semester.” ujar Bambang dalam sambutannya.

Lebih spesifik menurut Kak Bambang adik-adik anggota SWBB untuk lebih mengembangkan Krida-Krida seperti Sejarah, Seni Film, Budaya dan Museum. Terlebih untuk Seni Film, karena itu memiliki nilai yang sangat tinggi terhadap publikasi bahwa SWBB memiliki karya nyata dalam bentuk video. Tanpa melupakan Krida yang sudah dilaksanakan oleh SWBB saat ini seperti Kursus, Kecakapan Hidup, Usia Dini dan Dikmas.

Pembukaan kegiatan Kemah Bakti SWBB ini dibuka secara resmi dengan penyematan tanda peserta. “Saatnya kita refreshing yang bermanfat dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan penanaman jiwa karakter kita terhadap nilai-nilai budaya, kebangsaan terkait dengan cinta tanah air Indonesia.” ujar Bambang menutup sambutannya.

Dalam acara pembukaan tesebut, turut pula hadir unsur Kwarda Provinsi Gorontalo, Pinsaka, Pembina SWBB, Instruktur Saka, Pamong Saka dan Dewan Saka.

Pada Hari kedua (14/12) Kemah Bakti diisi dengan beberapa kegiatan dimana para peserta menerima berbagai materi dari para narasumber. Materi-materi yang diterima oleh peserta antara lain Sistem Administrasi Satuan Karya, Teknik Kepramukaan dan Petunjuk Teknis Saka, Orientasi SWBB dan Penguatan Krida.

Selain menerima berbagai materi, para peserta Kemah Bakti juga menampilkan berbagai keahlian mereka dalam berbagai lomba diantaranya lomba yel-yel dan lomba Tapak Tenda. Kegiatan hari terakhir yang berlangsung hingga malam inipun ditutup dengan menggelar malam renungan bersama yang dipimpin oleh Pinsaka Kak La Ode Sahara yang dilanjutkan dengan mengucapkan Dasa Dharma Pramuka oleh seluruh peserta Kemah Bakti. Sebelum kegiatan berakhir panitia kegiatan Kemah Bakti mengumumkan pemenang lomba sekaligus penyerahan piagam untuk para pemenang lomba.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *