Tingkatkan Kualitas Pembina, BP PAUD dan DIKMAS Gelar KMD Pramuka

GORONTALO- Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD DIKMAS) Gorontalo bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo melaksanakan, Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Kabupaten/Kota se- Provinsi Gorontalo.

KMD yang dilaksanakan di BP PAUD dan Dikmas Gorontalo ini, berlangsung selama 7 hari, dari Senin (17/2) sampai Minggu (23/2) mendatang dengan tema “Berkarya dan Berinovasi”. Kepala BP PAUD dan DIKMAS Gorontalo, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) Gorontalo, Drs. Bambang Kunaedi, M.Si menjelaskan, bahwa pelaksanaan KMD bagi pembina pramuka di satuan PAUD
Dikmas Gorontalo ini sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas atau keterampilan dari pembina pramuka.

“Sehingga diharapkan akan tersedia pembina yang telah dilatih tentang
pengetahuan dasar kepramukaan untuk mengelola gugus depan di setiap
pangkalannya masing-masing khususnya di satuan pendidikan nonformal SKB. ungkapnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar di aula BP PAUD dan DIKMAS Gorontalo. Senin (17/02).

Selain itu dikatakan Bambang Kunaedi pelaksanaan KMD juga, dirangkaikan dengan penerimaan anggota baru dan musyawarah daerah SWBB. Kegiatan KMD yang dibuka langsung oleh Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo, Susanto H. Liputo SE. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pembinaan pramuka menjadi salah satu cara, dalam membentuk karakter generasi bangsa.

“Tugas pembina adalah mengembalikan kembali jati diri bangsa ini, dengan kegiatan empat pilar kebangsaan nilai-nilai pancasila, UUD 1945, bhineka tunggal ika dan NKRI. Ini sangat penting bagi kita terutama menjaga dan merawat pancasila,” ungkapnya.

Dia berharap kegiatan kepramukaan, bisa betul-betul hadir di kalangan masyarakat. “Karena visi kita adalah memasyarakatkan pramuka dan mempramukakan masyarakat, itu target kita. Bagaimana masyarakat bisa tertarik dengan kegiatan kepramukaan melalui kegiatan pramuka peduli dan satuan karya,” harapnya.

Kegiatan pembukaan KMD juga turut dihadiri, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Drs Roni R. Mamu M.Pd. Lebih lanjut Roni mengatakan sesuai dengan tema tersebut, bahwa Pembina harus bisa lebih berinovasi sesuai dengan jaman milenial. “Jadi sudah harus menguasai IT sehingga kegiatan akan lebih menarik dan diminati oleh peserta didik,” ungkapnya.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo Suleman Haridji dan Kepala LPMP Provinsi Gorontalo. Dalam sambutannya Ketua Pusdiklatda menyatakan masa pengembangan ilmu yang didapatkan di KMD, bisa diimplementasikan di gugus depan atau di tempat bekerja, termasuk dengan terbentuknya SWBB di cabang nanti.

“Jadi datang disini harus dibarengi niat tulus dan ikhlas untuk menimba ilmu pengetahuan sehingga nanti, mendapatkan ijazah jika dinyatakan lulus semua dengan kkm 70 yang ditetapkan. Kami yakin Insya Allah ini bisa terpenuhi semuanya,” ungkapnya.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *